Cara Merubah Ekstensi / Format File Tanpa Software

Kamu bingung gimana cara merubah ekstensi file / format file? Jangan bingung lagi, karena disini saya akan mengupas tuntas tutorialnya. Sebelum masuk ke tutorial, saya mau curhat sedikit nih. Saya tinggal di medan, apa dari kamu ada yang dari medan? Nah, anak medan pastinya sudah sering dengar lagu-lagu karya anak-anak band medan, termasuk saya. Saya suka sekali mendengar lagu-lagu band medan lewat radio, kalau lagi santai sambil dengerin musik di radio memang asyik!

Biasa saya dengar radio dengan Hp NOKIA C2-02, karena kelebihannya jika mendengar radio dari C2, kita bisa merekamnya, tapi hasil rekaman itu berformat AAC. Sangat disayangkan sekali kalau lagu yang direkam diradio tadi hanya bisa di putar di Hp C2 saja, apabila memori dipindah ke Hp lain, rekaman yang formatnya aac tadi tidak bisa di putar di Hp lain maupun di Laptop atau PC. Dari itu saya rubah saja formatnya yang tadinya aac menjadi mp3. Cara ngubahnya juga gampang, selain format aac, kamu juga bisa merubah semua ekstensi file seperti FLV, AVI, MP4, MP3, MKV Dll.. Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Buka Folder dan rubah pengaturan View pada laptop kamu.
1. Pilih Tools pada menu bar
2. Pilih Folder Options
3. Pilih View
4. Hapus tanda ceklis pada pilihan "Hide extensions for known file types"
5. Ok / Enter
Contoh bisa kamu lihat pada gambar dibawah.

Cara Merubah Ekstensi / Format File Tanpa Software

Setelah itu akan muncul semua jenis ekstensi atau format file tsb. Nah, untuk merubah formatnya, tadi saya akan merubah format.aac menjadi format.mp3, caranya mudah, tinggal kamu klik kanan pada file lalu pilih "Rename" seperti gambar dibawah!

Cara Merubah Ekstensi / Format File Tanpa Software

Bila sudah dirubah formatnya, biasanya akan muncul notice, pilih yes saja seperti gambar dibawah.

Cara Merubah Ekstensi / Format File Tanpa Software

Selesai deh, mudah bukan? Cukup sekian saja tutorial Cara Merubah Ekstensi File Tanpa Software, semoga bisa di dimengerti.
Previous
Next Post »

14 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
12 Mei 2014 pukul 08.24 ×

kedua cara itu sudah pernah ane coba sob.. mang cara itu lah yang sangat memudah sekali merubah ekstensi format file sob... |o|

tampilan baru ne sob. templatenya.. mantap dah sob... :)

Reply
avatar
seru2banget
admin
16 Mei 2014 pukul 14.49 ×

bener sob, ngapain download software kalo cara manual lebih mudah ya sob..
hha iya ni cari yang full color dulu biar kayak dinding sekolah TK ni blog warna warni wkwk

Reply
avatar
Unknown
admin
16 Mei 2014 pukul 16.41 ×

wah...keren tipsnya gan...
:D

Reply
avatar
seru2banget
admin
17 Mei 2014 pukul 00.05 ×

just sharing apa yg saya tahu saja gan :)

Reply
avatar
22 November 2014 pukul 05.02 ×

Gimana min,kok punya aku pas di buka yang # "Hide extensions for known file types"# udah gak pake ceklist

Reply
avatar
seru2banget
admin
1 Desember 2014 pukul 22.29 ×

yaudah tggl kamu buat formatny dgn cara rename!

Reply
avatar
18 Mei 2015 pukul 23.57 ×

lebih mudah dari yg gw pikirkan Thanks Gan :D

Reply
avatar
seru2banget
admin
24 Mei 2015 pukul 11.36 ×

thanks apresiasinya..

Reply
avatar
Irwani88
admin
2 Juli 2015 pukul 08.59 ×

.aac file tukar kpd .mp3.. sukses!

Reply
avatar
Unknown
admin
3 September 2015 pukul 18.48 ×

makasih gan, kereen, saya punya tutorial buat mengganti foto di mp3 , kalo berminat silahkan kunjungi http://linkshrink.net/7YZiAm

Reply
avatar
Anonim
admin
31 Oktober 2015 pukul 00.03 ×

mau tau ga ??? ane gagal gan -_- file rekaman .acc dari hape emak ane kga bisa di puter walau udh di ganti extensinya ga bisa.. ane anak IT tpi ane baru nemuin masalah yang kaya gini jadi tolong lah dibantu dengan serius -_-

Reply
avatar
Kang Hilman
admin
11 Desember 2015 pukul 18.54 ×

Keren gan tutorialnya,,,,,, thanks gan..... www.atobasahona.com

Reply
avatar

Mau Blogwalking?
Silahkan Berkomentar yang relevan, dan tunggu kunjungan balik dari kami. ^_^

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment