Cara Merubah Sinyal EDGE Ke HSDPA/3G di Android

Saya waktu baru memakai Android, awalnya puas dengan kecepatan loadingnya ketika berselancar di internet, buka ini buka itu mudah saja, donwload file dengan size besar juga tidak masalah harus menunggu lama, karena Android pada umumnya telah mengadopsi jaringan 3G atau HSDPA.

Seiring berjalannya waktu, saya pernah merubah sim saya dengan sim yang baru. Ternyata merubah sim menjadi masalah baru pada Android saya, masalahnya adalah sinyalnya yang awalnya HSDPA malah berubah menjadi EDGE dan terkadang berubah menjadi GPRS. Sangat menyebalkan bila berselancar di internet menggunakan sinyal EDGE / GPRS, karena kecepatan maksimal EDGE tidak lebih dari 300Kbps, sedangkan sinyal HSDPA mampu berlari dengan kecepatan 7.2Mbps!

Saya bingung bagaimana cara mengembalikan sinyal EDGE ke HSDPA seperti awal saya membeli smartphone. Akhirnya saya mengadu ke Google dan menemukan solusinya. Ternyata cara merubahnya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.

1. Ketik *#*#4636#*#* maka otomatis akan muncul tampilan berikut di Android kamu.

Cara Merubah Sinyal EDGE Ke HSDPA/3G di Android

2. Pilih Info Telepon, Jika Android kamu dual sim, akan ada pilihan yang muncul yaitu SLOT1 & SLOT2, pilih SLOT1 karena di HP saya sinyal 3G hanya bisa digunakan pada Sim1. Lihat gambar berikut.

Cara Merubah Sinyal EDGE Ke HSDPA/3G di Android

4. Setelah itu geser sedikit kebawah maka akan ada pilihan jaringan yang digunakan, lihat gambar berikut. Untuk merubah menjadi HSDPA/3G kamu pilih WCDMA saja.

Cara Merubah Sinyal EDGE Ke HSDPA/3G di Android

Jika sudah selesai, silahkan aktifkan jaringan internet kamu, dan sekarang jaringan kamu sudah berganti menjadi HSDPA kembali. Jika kamu ingin merubah sinyalnya kembali ke Edge kamu tinggal pilih GSM saja! Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

22 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
22 September 2014 pukul 18.04 ×

maksih ini sob infonya... nanti ane coba di android ane sob...

Reply
avatar
Unknown
admin
23 September 2014 pukul 17.50 ×

Pnaduannya sangat bermanfaat sekali lengkap. thanks tuk sharenya n salam kenal sob :)

Reply
avatar
24 September 2014 pukul 20.07 ×

kok ngga ganti ya pas diketik itu di android saya?

Reply
avatar
Andriyatna
admin
24 September 2014 pukul 21.00 ×

Baru tau saya tentang ini. saya cobain ya.
thanks infonya

Reply
avatar
seru2banget
admin
25 September 2014 pukul 05.10 ×

masama sob.. ya kalo ada masalah sama jaringannya yg berubah dari HSDPA ke EDGE silahkan coba cara diatas hhe

Reply
avatar
seru2banget
admin
25 September 2014 pukul 05.14 ×

masama sob, salam kenal kmbali..

Reply
avatar
seru2banget
admin
25 September 2014 pukul 05.28 ×

coba di jek lagi sob, 4636 bukan 3646..

Reply
avatar
seru2banget
admin
25 September 2014 pukul 05.30 ×

masama sob, smoga bermanfaat!

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2014 pukul 14.20 ×

Haduhhh, sayang nian saya tak punya androidnya, mudah mudaha nanti kalau punya, saya bisa berkunjung lagi ke sini, dan nyolong ilmunya, ahaah

Reply
avatar
Unknown
admin
26 September 2014 pukul 09.50 ×

kog ane ketik *#*#4636#*#* gak bisa ya sob.. itu ketik di mana yaa...??

Reply
avatar
seru2banget
admin
26 September 2014 pukul 10.31 ×

haha oke mas.. thanks apresiasinya!

Reply
avatar
seru2banget
admin
26 September 2014 pukul 10.33 ×

gabisa ya sob, wkwk tapi browsing di tempat lain psti di suruh ketik kode itu juga

Reply
avatar
Unknown
admin
27 September 2014 pukul 18.46 ×

laahh apaiya... atau apa android saya yang mang gak bisa.. dah lah saya ganti android baru.. hehe :D

Reply
avatar
seru2banget
admin
29 September 2014 pukul 01.54 ×

mungkin trik diatas cuma work di android jellybean, beda sama kitkat mgkin.. tp entahlah hoho.. assekk beli HP baru niyee :D

Reply
avatar
Galih Alan M
admin
16 Desember 2014 pukul 03.59 ×

Ijin coba gan, kalo terjadi hal yg tidak diinginkan tanggung jawab yah :P :ng
btw mampir ke blog http://alan-dot.blogspot.com/2014/12/Dampak-Negatif-Sering-Ganti-Template-Blognya-Alan.html

Reply
avatar
seru2banget
admin
16 Desember 2014 pukul 20.14 ×

silahkan gan, buat nambah pengalaman hhe

Reply
avatar
Unknown
admin
27 Desember 2014 pukul 23.35 ×

Gan gimana nih ane ga bisa masuk dial pas ketik kode itu malah jadi nelvon orang :(
gimana gan ada solusinya ga ?

Reply
avatar
seru2banget
admin
28 Desember 2014 pukul 22.45 ×

kalo ga bisa dari kode, coba dari pengaturan > data mobile & jaringan > pengaturan lanjut. biasa ada dua pilihan, roaming data sama 3G, pilih yg 3G. mgkin cara itu bisa langsung aktif jaringan 3G / HSDAny gan.

Reply
avatar
Unknown
admin
31 Juli 2015 pukul 09.19 ×

Gan klo hp q ne kan lenovo a 6000 klo qt pasang di jaringan wcdma ama gsm dia sbntr ajja 3 g nya muncul hbs tu gnti edge nah gg bs lg sdh gnti 3 g walaupun di ganti wcdma only malahn jaringannya gg muncul nah klo di tuker kartunya baru dia bs muncul 3 g nya.. Gmn tu solusinya...

Reply
avatar
seru2banget
admin
9 Agustus 2015 pukul 23.20 ×

mgkin di daerah agan jaringan 3G utk kartu yg agan pake blm terjangkau.. makanya HSDPAnya ga muncul.. walau udah dibuat WCDMA Only..

Reply
avatar
admin
admin
1 Oktober 2015 pukul 12.13 ×

Kalo disuruh masukin pssword gimana min ?

Reply
avatar
seru2banget
admin
2 Oktober 2015 pukul 09.33 ×

coba install hidden menus apk gan.. nanti disitu ada jalan pintas utk mengakses 4636 tadi..

Reply
avatar

Mau Blogwalking?
Silahkan Berkomentar yang relevan, dan tunggu kunjungan balik dari kami. ^_^

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment